MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI




SERI 8    : JENIS – JENIS DOKUMEN TRANSAKSI
                2. FAKTUR PENJUALAN
                Secara umum faktur (invoice) merupakan dokumen transaksi pembelian atau penjualan barang dengan pembayaran kredit. Namun adakalanya dalam perusahaan besar yang tidak menjual barang secara eceran, disediakan faktur untuk penjualan tunai. Faktur dibuat oleh pihak penjual dan diserahkan kepada pihak pembeli bersama – sama dengan barang yang dijual, kadang – kadng faktur dikirimkan lebih dulu. Bagi
pihak pembeli, faktur yang diterima dari pihak penjual merupakan faktur pembelian yang digunakan sebagai dokumen transaksi pembelian barang. Bagi pihak penjual, faktur yang dikirimkan kepada pihak pembeli merupakan faktur penjualan. Lembar kedua (copy) dari faktur yang bersangkutan digunakan sebagai dokumen transaksi penjualan barang.
                Bentuk faktur yang digunakan oleh suatu perusahaan akan berbeda dengan fktur yang digunakan perusahaan lainnya. Walaupun demikian, biasanya faktur memuat informasi mengenai nama dan alamat pihak penjual, nomor faktur, nomor pesanan, tanggal pengiriman, nama dan alamat pihak pembeli, syarat pembayaran serta keterangan mengenai barang seprti jenis dan spesifikasi barang, kuantitas, harga satuan dan jumlah harga.




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us