PEMBUATAN JURNAL PENYESUAIAN



PENGERTIAN JURNAL PENYESUAIAN
Jurnal penyesuaian (adjusting entries) dibuat dalam buku jurnal umum, diperlukan untuk menyesuaikan akun – akun yang tidak menunjukkn saldo yang seharusnya.
Ayat Jurnal penyesuaian adalah ayat jurnal yang digunakan untuk menyesuaikan saldo rekening – rekening kesaldo yang sebenarnya sampai dengan akhi r periode akuntansi, atau untuk memisahkan antara penghasilan biaya dari suatu periode dengan periode yang lain. Jadi anggapan mengenai kebenaran jumlah – jumlah dalam neraca saldo tidak berlaku untuk semua rekening sebab beberapa rekening tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Salah satu penyebabnya adalah belum dibuatnya dokumen pada akhirperiode,sehingga transaksi belum dicatat.contohnya mengenai biaya gaji yang terjadi antara hari pembayaran terakhir dengan tanggal laporan keuangan.
Dibuatnya ayat jurnal penyesuaian terhadap rekening – rekening tertentu pada hakekatnya untuk mengoreksi rekening – rekening tersebut sehingga mencerminkan keadaan aktiva, kewjiban, biaya, pendapatan, dan modal yang sebenarnya. Ada 2 macam keadaan dimana jurnal penyesuaian perlu dibuat :
1.       Keadaan dimana satu transaksi telah terjadi tetapi belum dicatat dalam rekening,misal biaya gaji.
2.       Keadaan dimana satu transaksi dicatat dalam suatu rekening tetapi saldonya perlu dikoreksi untuk mencerminkan keadaan yang sebenarnya, misalnya bahan habis pakai yang telah terpakai.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us