PENCATATAN TRANSAKSI DALAM BUKU JURNAL



TRANSAKSI PERUSAHAAN
                Sasaran kegiatan akuntansi adalah transaksi keuangan yang menyangkut perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Transaksi keuangan yang pada umumnya terjadi pada setiap perusahaan adalah :
a.       Penerimaan setoran modal dari pemilik perusahaan, bisa dalam bentuk uang tunai atau dalam bentuk gedung, peralatan dan barang – barang modal lainnya.
b.      Pembelian peralatan dn perlengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan aktivitas usaha perusahaan, bisa dilakukan secaratunai atau secara kredit.
c.       Penjualan barang atau jasa, bisa dilakukan dengan pembayaran tunai atau kredit.
d.      Penerimaan tagihan (piutang) dari debitur.
e.      Pembayaran utang kepada kreditor.
Transaksi – transaksi diatas merupakan kegiatan yang menyangkut pihak ekstern perusahaan, sehingga sering disebut transaksi ekstern. Sementara transaksi dalam bentuk keadaan yang bisa timbul dalam berusahaan dan harus dicatat sehubungan dengan penerapan prinsip akuntansi yang lazim, biasa disebut dengan transaksi intern. Sebagai contoh antara lain :
a.       Berkurangnya nilai barang karena susut, rusak, atau karena metode penilaian yang diterapkan
b.      Penurunan nilai aktiva tetap yang diakui dalam bentuk beban penyusutan (depresiasi)
c.       Adanya penghasilan atau beban yang harus diakui dan dicatat pada akhir periode akuntansi, mislnya asuransi yang sudah jatuh tempo, gaji pegawai yang masih harus dibayar, bunga yang masih harus diterima atau masih harus dibayar.
Transaksiyang dilakukan perusahaan pada dasarnya terkait satu sama lain. Suatu jenis transaksi diikuti dengan jenis transaksi lain, seperti tampak pada transaksi – transaksi diatas : transaksi pembelian peralatan dengan pembayaran kredit diikuti dengan transaksi pembayaran utang, transaksi penjualan barang atau jasa secara kredit diikuti dengan transaksi penerimaan piutang. Oleh karena itu, catatan transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode juga akan terkait satu sama lain sehingga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us