PENCATATAN TRANSAKSI DIDALAM JURNAL



SERI 3 : FUNGSI JURNAL
1.       Fungsi jurnal menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Jurnal_umum  :
·         Fungsi historis, yaitu jurnal merupakan kegiatan mencatat semua transaksi keuangan secara kronologis atau berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya.
·         Fungsi mencatat, yaitu jurnal merupakan pencatatan yang lengkap terperinci, artinya semua transaksi dengan sumbernya harus dicatat tanpa ada yang ketinggalan.
·         Fungsi analisis, yaitu jurnal menganalisis transaksi untuk menentukan akun yang harus di Debet maaupun yang di Kredit.
·         Fungsi instruktif, yaitu jurnal merupakan perintah memposting dalam buku besar baik yang di Debet maupun yang di Kredit sesuai hasil analisis dalam jurnal.
·         Fungsi informatif, yaitu jurnal memberikan keterangan kegiatan perusahaan secara jelas.

2.    
   Fungsi jurnal menurut “HARIS SINURAT. S.E. Dalam bukunya “pengantar akuntansi” :
·         Fungsi analisa
Di dalam jurnal setiap transaksi dianalisa untuk menentukan perkiraan yang akan di debet maupun yang di kredit serta jumlah masing – masing.
·         Fungsi mencatat
Dalam jurnal setiap transaksi finansial dicatat baik untuk perkiraan yang akan didebet mupun yang dikredit beserta keterangannya masing – masing.
·         Fungsi historis
Karena didalam jurnal setiap transaksi finansial dicatat secara kronologis, maka dapatlah disebutkan bahwa jurnal merupakan buku harian tempat mencatat aktivitas perusahaan.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us