PENCATATAN TRANSAKSI DIDALAM JURNAL


FUNGSI JURNAL KHUSUS

·         MENURUT BUKU AKUNTANSI SMK KARANGAN HENDI SOMANTRI
Pencatatan semua transaksi dalam sebuah jurnal umum, hanya praktis jika diterapkan dalam perusahaan kecil. Dalam perusahaan besar dengan jenis transaksi yang banyak dan setiap jenis transaksi sering terjadi, penggunaan satu buku jurnal umum tentu tidak menguntungkan baik di pandang dari sudut kemudahan memperoleh data maupun untuk kepentingan pengawasan. Oleh karena itu, agar data yang diperlukan managemen dapat segera diperoleh, diperlukan buku jurnal yang berfungsi khusus sebagai tempat mencatat transaksi yang sejenis. Buku – buku jurnal yang bersangkutan disebut jurnal khusus.
Jurnal khusus umumnya digunakan dalam perusahaan yang menyelenggarakan akuntansi secara manual. Jenis buku jurnal yang digunakan dalam suatu perusahaan, bergantung pada kebutuhan perusahaan yang bersangkutan. Walaupun demikian, secara umum buku jurnal khusus dan satu buku jurnal umum.
Bagi perusahan besar dimana transaksi yang terjadi berulang ulang , pemakaian saatu jurnal tidaklah praktis daan tidak efisien.Maka perlu dipakai jurnal bentuk lain yaitu Jurnal Khusus (Spesial Journal).
Dengan jurnal khusus dapat diadakan pembagian tugas, misalnya pencatatan pembelian dilakukan oleh satu orang pencatatan penjuaalan dilakukan oleh satu orang, begitu juga pencatatan penerimaan atau pengeluaran uang tunai. Disaamping itu pada  mjurnal khusus dapat disediakan kolom untuk rekening-rekening yang perubahannya berulang-ulang , sehingga pencatatannya cukup dengan menuliskan jumlah (angka) pdaa kolom rekening yang sesuai.Maka dengan dipakainya jurnal khusus akan tercapai efisiensi dan pencatatannya lebih praktis.

·         MENURUT SAYA :
JURNAL KHUSUS YAITU JURNAL YANG DIGUNAKAN UNTUK MENCATAT TRANSAKSI YANG BERSIFAT KHUSUS DAN TRANSAKSI TERSEBUT SERING DIULANG DAN MENJADI TRANSAKSI POKOK DALAM SUATU PERUSAHAAN. MISAL DALAM PERUSAHAAN PASTI DAN SERING MELAKUKAN PEMBELIAN, PENJUALAN, MENGELUARKAN KAS, DAN MENDAPAT PEMASUKAN KAS, JIKA SEMUA ITU DICATAT DALAM JURNAL UMUM MAKA TERLALU RUMIT ATAU DALAM BAHASA JAWANYA “RUWET” DALAM MEREKAPNYA DAN KETIKA SUDAH SAMPAI KEDALAM LAPORAN ARUS KAS MAKA AKAN SULIT MENDAPATKAN DATA DARI JURNAL,KARENA SEMUA NYA JADI SATU, SELAIN ITU JUGA AKAN MEMBUANG – BUANG WAKTU. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us