PENCATATAN TRANSAKSI DIDALAM JURNAL



SERI 20 : PENCATATAN DALAM AKUN
                Akun (account) di sebutjuga “perkiraan” atau “rekening”, merupakan sarana akuntansi yang digunakan sebagai tempat mencatat peubahan nilai setiap jenis aktiva, kewajiban, dan ekuitas. Kumpulan aku yang terkait satu sama lain disebut buku  besar (ledger).
                Mencatat transaksi adalah mencatat pengaruh transaksi terhadap akun – akun dengan cara mendebet atau mengkredit akun yang terkait, sesuai dengan sifat karakteristik akun yang bersangkutan. Mendebit artinya mencatat disisi debet, Mengkredit artinya mencatat disisi kredit. Oleh karena itu untuk mampu mencatat transaksi dalam jurnal dengan benar, anda perlu memahami dahulu sifat (karakteristik) setiap jenis akun.
                Akun – akun yang digunakan dalam perusahaan, secara garis besar dapat di kelompokkan aktiva, kewajiban, ekuitas, penghasilan, dan beban. Akun – akun yang termasuk kelompok aktiva, kewajiban, ekuitas terdiri atas akun – akun neraca (real account). Sementara akun – akun kelompok penghasilan dan beban terdiri atas akun – akun yang menjadi unsur perhitungan laba / rugi.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us