MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI



SERI 2    : VERIFIKASI DOKUMEN TRANSAKSI


Verifikasi dokumen transaksi yang pertama yaitu   :
1.       Karakteristik Keabsahan Transaksi
Tujuan proses  akuntansi adalah menyediakan akuntansi keuangan untuk dikomunikasikan kepad pimpinan perusahaan dan pihak ekstern yang berkepentingan. Untuk memenuhi kepentingan tersebut, catatan akuntansi harus dibuat berdasarkan data yang dapat dipercaya, dalam arti data yang dapat dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak yang independent, sehingga laporan keuangan dapat memberikan informsi yang berguna bagi pemakai. Data akuntansi yang dapat dipercaya diperoleh dari transaksi yang dilakukan melalui prosedur yang telah ditetapkan (formal) dan didokumentasi dalam bentuk dokumen transaksi. Ciri – ciri keabsahan transaksi yaitu:
a.       Memenuhi keabsahan formal, artinya transaksi dilakukan melalui prosedur formal yang ditunjukkan dalam dokumen transaksi dengan tanda tangan pihak – pihak yang terkait dan mempunyai kewenangan untuk melakukan transaksi yang bersangkutan ;
b.      Memenuhi keabsahan materiil, artinya perhitungan – perhitungan nilai uang dan penerapan metode serta ketentuan perpajakan yang terkait dengan transaksi dilakuakn  dengan benar, sehingga menghasilkan jumlah (besaran) yang seharusnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Uploaded with ImageShack.us